TENTANG KAMI

VISI MISI

  1. Visi RA  AL Husna

Sholih,cerdas,sehat dan mandiri.

  1. Misi RA Al Husna
  • pembinaan aqidah yang lurus, ibadah yang benar, amal yang sholih, akhlaqul karimah melalui pembiasaan dan keteladanan
  • Menanamkan pendidikan agama islam sejak dini
  • Mengembangkan potensi mulriple intelegence pada anak dalam proses pembelajaran secara seimbang dalam lingkungan bermain yang edukatif dan bernuansa islam serta menyenangkan
  • Membangun pembiasaan perilaku hidup bersih, dan sehat secara mandiri
  • Meningkatkan profesionalitas tenaga pendidik dan kependidikan serta ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai Membangun kerjasama dengan orang tua, masyarakat, dan lingkup terkait dalam rangka pengelolaan Paud yang profesional, akuntabel dan berdaya saing

TUJUAN

Tujuan RA Al Husna

  1. Memperkenalkan kepada anak lingkungan yang bernuansa islam
  2. Membantu menstimulasi dan mengembangkan potensi afektif,kognitif,dan psikomotor anak
  3. Memperkenalkan pengetahuan agama islam melalui kegiatan bermain yang menyenangkan
  4. Membiasakan dan menumbuhkan rasa senang untuk melakukan ibadah wajib dan sunnah
  5. Mengembangkan akhlaqul karimah melalui pembiasaan dan keteladanan
  6. Mengembangkan potensi multiple intelligence pada anak dalam proses pembelajaran secara seimbang

SEJARAH SINGKAT

Sejarah singkat RA Al Husna

            Raudhatul Athfal Al Husna adalah salah satu lembaga PAUD  yang  dikelola oleh Yayasan Abnaaul Baidlowi dengan Akta Notaris DR.H.Djumadi Purwoatmodjo,SH,MM Nomor 96 Tanggal 08 Pebruari 2012.Terletak di Desa Sugihrejo Tepatnya di Dukuh Popoh RT 02 RW 05 Sebelah masjid Jami’ Al Mubarok Popoh. RA Al Husna didirikan Pada tanggal 01 Juli 2012.RA Al Husna didirikan atas Dorongan dari masyarakat sebagai kelanjutan dari lembaga Kelompok Bermain Berbasis Al Qur’an yang lebih dulu didirikan oleh Yayasan Abnaaul Baidlowi.

            Pada awal tahun penyelenggaraan jumlah siswa sebanyak 37 anak diampu oleh tiga (3) pendidik.Alhamdulillah antusias masyarakat sangat positif atas keberadaan RA Al Husna dikarenakan pada proses pembelajarannya sangat berbeda dengan lembaga RA yang lain.Baik itu dari durasi waktu KBM nya maupun metode pembelajarannya. RA Al Husna Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran dari jam 07.30 sampai jam 12.00 kecuali hari jum’at dan sabtu hanya sampai jam 10.00. Lebih lagi program unggulan yang diselenggarakan di RA Al Husna adalah program “One Day One Ayat”.

            Melihat respon dari masyarakat yang sangat positif tersebut RA Al Husna semakin semangat untuk membuat terobosan terobosan baru untuk meningkatkan kualitas Lembaga meskipun sarana dan prasarana .Akan tetapi hal itu tidak menjadi Halangan.Dengan Berbekal Niat tulus Mensyiarkan islam serta mencerdaskan generasi Islam,Alhamdulillah dari Tahun ke tahun Kualitas RA Al Husna semakin lebih baik terbukti dengan Banyaknya masyarakat yang mengenal RA Al Husna sampai pada lintas kecamatan.

KARAKTERISTIK

  • Ra Al Husna sebagai salah satu lembaga PAUD Islami , mempunyai ciri khas Berbasis Al Qur’an dimana setiap penjelasan tema yang disampaikan berdasar pada ayat – ayat Al Qur’an.
  • waktu layanan pendidikan  yang diselenggarakan di RA Al Husna lebih lama dari RA pada umumnya.yaitu Hari Senin sampai kamis lama kegiatan jam 07.30 – 12.00,sedangkan hari jum’at dan sabtu  lama  kegiatan jam 07.30 – 10.00
  • Kurikulum RA Al Husna disusun dengan mengusung nilai-nilai islami sebagai dasar untuk pengembangan karakter peserta didik sejak usia dini. Dengan mengusung nilai – nilai Islam diharapakan peserta didik memiliki karakter islam dalam dirinya serta penanaman nilai – nilai aqidah yang kuat dalam diri anak.Nilai –nilai keislaman yang bisa dilihat dari berbagai kegiatan diantaranya :

                        Mengucap salam dan salim

            Pembiasaan berdoa masuk dan keluar kelas

            Pembiasaan berdoa masuk dan keluar Kamar mandi

            Pembiasaan berdoa sebelum dan sesudah kegiatan

            Pembiasaan berdoa sebelum dan sesudah makan

            Tahfidz Ayat – ayat Al Qur’an pilihan sebagai dasar Tema

      Tahfidz surat – surat pendek dalam program One Day one ayat

Tahfidz surat - surat pilihan dalam kegiatan ekstra kurikuler

Tilawah Yanbu’a setiap pagi pada hari senin sampai kamis

Pembiasaan sholat Dzuha dan Dzuhur

Materi Agama Islam setiap hari (Aqidah,Doa,Fasholatan,Hadits,Asmaul Husna)

Peringatan Hari Besar Islam

  • Model Pembelajaran yang diterapkan di RA Al Husna adalah model Pembelajaran sentra . dimana anak dalam kelompok, bermain di satu sentra setiap harinya , yang didalamnya ada berbagai aktifitas sebagai pilihan anak sesuai dengan minatnya sebagai pemenuhan densitas main. Ada lima sentra yang disiapkan yaitu sentra IMTAQ (Iman dan Taqwa), Sentra Persiapan, Sentra BAC ( Bahan Alam & Cair), Sentra Seni kreatifitas & Main Peran ,Sentra Balok.

 

  • Sentra IMTAQ

Kegiatan main di sentra ini lebih menitik beratkan pada kegiatan keagamaan.Di sentra ini anak difasilitasi dengan kegiatan bermain yang memfokuskan pada pembiasaan beribadah dan mengenal huruf hijaiyah.Efek yang diharapkan tertanamnya perilaku akhlaqul karimah,ikhlas,sabar dan senang menjalankan perintah agama.Agama merupakan suatu konsep yang abstrak,perlu diterjemahkan menjadi aktifitas yang konkrit bagi anak

  • Sentra Persiapan

Kegiatan disentra persiapan mendorong kemampuan intelektual anak,gerakan otot halus,koordinasi mata – tangan,belajar ketrampilan social ( Berbagi, Bernegosiasi, dan memecahkan masalah ). Kegiatan yang dilaksanakan adalah persiapan membaca permulaan,menulis permulaan serta berhitung permulaan

  • Sentra BAC

Sentra ini memfasilitasi anak untuk mengembangkan dan memperluas pengalaman bermain sensorimotor dengan memberikan banyak kesempatan pada anak untuk mengeksplorasi bahan – bahan alami dalam mengembangkan kematangan motorik halus yang diperlukan dalam proses kesiapan menulis,dan menstimulasi system kerja otak anak

  • Sentra Seni Kreatifitas & Main Peran

Sentra ini memfasilitasi anak untuk memperluas pengalaman dalam mewujudkan ide,gagasan dan pengalaman yang dimiliki anak kedalam Karya nyata ( Hasil karya ) dan kreatifitas lain melalui metode proyek

Sedangkan sentra bermain peran terdiri dari Peran main makro yaitu menggunakan anak sebagai model, dan Main peran mikro misalkan menggunakan boneka,maket meja – kursi,rumah – rumahan Dan sebagainya.Sentra main peran merupakan wujud dari kehidupan yang nyata yang dimainkan anak, membantu anak memahami dunia mereka dengan memainkan berbagai macam peran.Pemilihan berbagai benda yang disediakan disesuaikan dengan tema.

  • Sentra Balok

Sentra ini bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan visual spasial anak.Kegiatan yang dilakukan dengan membangun berbagai bentuk  bangunan untuk mempresentasikan ide kedalam bentuk nyata bangunan.Anak belajar bentuk bentuk geometri, Mengklasifikasikan bentuk,dan lain sebagainya.

  • Pengembangan bahasa jawa kromo,Bahasa arab dan Inggris sederhana melalui pembiasaan komunikasi harian.

© 2108 AL-HUSNA